BAB 3 " Mananjemen % Lingkungan "
BAB 3
MANAJEMEN DAN LINGKUNGAN
A. Lingkungan Langsung
Lingkungan langsung akan mempengaruhi nasib organisasi secara langsung,
disebut juga stakeholder ( pihak yang menentukan nasib organisasi )
Ada 2 jenis lingkungan langsung, yaitu :
1.
Lingkungan Langsung Eksternal
a.
Konsumen
Konsumen membeli produk yang dihasilkan oleh organisasi dengan tujuan
untuk memenuhi kebutuhannya.
b.
Pemasok
Pemasok merupakan pihak yang memberikan input ke perusahaan. Input
tersebut dapat berupa bahan baku, bahan setengah jadi, karyawan, modal
keuangan, informasi, jasa yang diperlukan organisasi.
c.
Pesaing
Organisasi perusahaan akan berebut konsumen dengan pesaing. Pesaing
memberikan produk yang mempunyai fungsi sama dengan produk yang dihasilkan
organisasi untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
d.
Pemerintah
Pemerintah biasanya berperan sebagai wasit dan memastikan aturan main
berjalan dengan semestinya. Dalam peranan ini pemerintah akan mengeluarkan
aturan-aturan perundangan yang akan mempengaruhi kehidupan organisasi.
Menurut John Maynard Keynes ekonom dari inggris mengatakan bahwa
pemerintah harus masuk dan berperan secara aktif memperbaiki kondisi yang tidak
dalam keseimbangan.
e.
Lembaga Keuangan
Lembaga keuangan memberikan input modal keuangan yang diperlukan, baik
untuk mendirikan bisnis atau untuk modal kerja yang diperlukan untuk
menjalankan bisnis. Lembaga keuangan juga menjadi perantara bagi organisasi ke
pasar keuangan. Pasar keuangan akan memperlancar aliran dana dan pihak surplus
dana ( pihak yg menabung ) ke pihak yg membutuhkan deficit dana ( biasanya
perusahaan )
f.
Kelompok-kelompok lain
Kelompok-kelompok ini biasanya tergantung pada jenis kegiatan organisasi.
Ex : rumah sakit akan berurusan dengan dokter dan juru rawat, organisasi
perusahaan akan berurusan dengan organisasai serikat pekerja, perusahaan
manufaktur akan berurusan dengan organisasi retailer.
2.
Lingkungan Langsung Internal
a.
Pekerja
Pekerja merupakan sumber daya organisasi
b.
Dewan komisaris
Dewan komisaris biasa dijumpai pada perusahaan dengan bentuk Perseroan
Terbatas (PT). dewan komisaris ditunjuk untuk mewakili kepentingan pemegang
saham.
c.
Pemegang Saham
Pemegang saham memberikan modal ke perusahaan dalam bentuk
penyertaan. Mereka dengan demikian
memiliki perusahaan dan mempunyai hak-hak dan kewajiban yang melekat pada
kepemilikannya. Hak mereka berbagi keuntungan, kewajiban mereka menanggung
resiko perusahaan
d.
Jaringan stakeholder
B.
Lingkungan Tidak Langsung ( Lingkungan Umum )
1.
Variable social
a.
Demografi
Menyangkut struktur kependudukan lingkungan organisasi berada.
b.
Gaya Hidup
Merupakan manifestasi keluar yang Nampak dari sikap dan nilai seseorang.
c.
Nilai Sosial
2.
Variable Ekonomi
3.
Variable politik
4.
Variable Teknologi
5.
Dimensi Internasional
C.
Hubungan Lingkungan Dan Organisasi
1.
Pengaruh Lingkungan Terhadap Organisasi
James D. Thomson membagi 2 dimensi :
a.
Tingkat Perubahan
Tingkat perubahan akan melihat sejauh mana stabilitas suatu lingkungan
yang diukur dengan skala tingkat perubahan stabil dan perubahan dinamis.
b.
Tingkat Homogenitas
Tingkat homogenitas akan melihat sejauh mana kompleksitas lingkungan yang
diukur dengan skala homogenitas sederhana dan homogenitas kompleks.
Tingkat Perubahan
Stabil
Dinamis
|
Ketidakpastian rendah Ketidakpastian Moderat (1)
Ketidakpastian moderat (2) Ketidakpastian Tinggi
|
Tingkat Homogenitas
Kompleksitas
Model Hubungan Lingkungan Dan Organisasi Thomson (gambar)
2.
Lima Kekuatan Kompetisi
Michael Porter menggunakan 5 kekuatan kompetisi, yaitu :
a.
Ancaman pendatang baru atau halangan untuk masuk
b.
Produk substitusi
c.
Pemasok
d.
Pembeli
e.
Pesaing
3.
Strategi menghadapi lingkungan
a.
Mempengaruhi lingkungan lansung
Seperti : manajer melakukan loby, iklan, negosiasi, atau perundingan,
merger atau penggabungan usaha
b.
Memonitor lingkungan tidak langsung
c.
Menyesuaikan diri terhadap lingkungan
D.
Manajemen Dan Globalisasi
Michael Porter mengajukan 4 unsur pokok yang berkaitan dengan lingkungan
factor keunggulan bersaing agar bias tetap kompetitif dalam ekonomi global,
yakni :
1.
Strategi, struktur dan persaingan perusahaan
2.
Kondisi permintaan
3.
Factor kondisi
4.
Industry terkait dan pendukung
E.
Tanggung Jawab Sosial Manajer
Adalah manajemen mempertimbangkan dampak social dan ekonomi didalam
pengambilan keputusannya.
Ada 5 faktor yang mempengaruhi keputusan-keputusan pada masalah etika :
1.
Hukum
2.
Peraturan-peraturan pemerintah
3.
Kode etik industry dan perusahaan
4.
Tekanan social perusahaan
5.
Tegangan antara standar perorangan dan kebutuhan
organisasi
0 komentar:
Post a Comment